Panduan Lengkap Blog SEO

Panduan Lengkap Blog SEO – Sejak 2015, kami telah mengembangkan Blog Ahrefs dari nol menjadi lebih dari 600.000 kunjungan penelusuran bulanan.Apa rahasia kita? Konsistensi.Kami telah menggunakan strategi SEO yang sama selama enam tahun terakhir, dan berhasil dengan baik.Dalam panduan ini,

Panduan Lengkap Blog SEO

Anda akan belajar

  • Apa itu SEO blog?
  • Mengapa SEO blog itu penting
  • Cara menulis posting blog untuk SEO
  • Bagaimana mengoptimalkan posting blog Anda untuk SEO
  • Cara meningkatkan dan mempertahankan peringkat posting blog
  • Tapi pertama-tama, mari pastikan kita berada di halaman yang sama.

Apa itu SEO blog?

mizmizi.com – Blog SEO adalah proses menulis dan mengoptimalkan konten blog untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari  seperti Google. Tugas umum yang terkait dengan SEO blog termasuk penelitian kata kunci , penulisan konten , SEO pada halaman , dan pembuatan tautan .

Mengapa SEO blog itu penting?

Meskipun ada banyak cara untuk mengarahkan lalu lintas ke blog, lalu lintas mesin pencari cenderung paling stabil dan konsisten. Jika Anda dapat memberi peringkat untuk kata kunci yang dicari orang dan mempertahankan peringkat tersebut, posting Anda akan menarik lalu lintas bertarget yang konsisten dari Google.

Banyak sumber lalu lintas lainnya cenderung menghasilkan lonjakan awal lalu lintas, tetapi dengan cepat diikuti oleh penurunan tajam.

Cara menulis posting blog untuk SEO

Penting untuk dipahami bahwa Anda tidak bisa hanya membuat posting blog lama dan berharap posting Anda menarik ribuan kunjungan dari Google. Ini tidak bekerja seperti itu. Untuk mendapatkan peluang peringkat terbaik, Anda perlu melakukan riset dan membuat posting blog Anda untuk SEO.

Inilah cara melakukannya dalam lima langkah

  • Temukan kata kunci
  • Periksa maksud pencarian
  • Pilih format dan sudut pemenang
  • Buat garis besar berdasarkan data
  • Tulis postingan

Baca Juga : Apa Yang Dimaksud Dengan SEO Blog?

Temukan kata kunci

Setiap posting blog yang Anda tulis harus dioptimalkan untuk satu kata kunci utama, dan kata kunci itu harus menjadi sesuatu yang benar-benar dicari orang dari bulan ke bulan. Lagi pula, tidak mungkin mendapatkan lalu lintas pencarian ke posting blog tentang topik yang tidak dicari siapa pun.

Bagaimana Anda menemukan kata kunci? Gunakan alat penelitian kata kunci  seperti Penjelajah Kata Kunci Ahrefs .

Masukkan beberapa kata atau frasa ‘benih’ luas yang terkait dengan topik blog Anda, lalu periksa  laporan ide kata kunci Pencocokan Frasa .

Misalnya, jika Anda memiliki blog makanan, Anda dapat menggunakan kata kunci ‘benih’ seperti:

Ayam

Semacam spageti

resep

resep

Tulang iga

daging panggang

Kata Kunci Explorer menemukan lebih dari 14 juta kata kunci yang mengandung satu atau lebih dari frasa ini, tetapi tidak masuk akal untuk menulis posting blog tentang semuanya. Anda perlu membaca sekilas daftar topik yang masuk akal bagi Anda.

Misalnya, akan sangat masuk akal bagi seorang food blogger untuk menulis postingan tentang “chicken tikka masala” tetapi bukan “chicken pox”.

Jika blog Anda cukup baru, Anda mungkin ingin mengatur filter Kesulitan Kata Kunci (KD) ke sesuatu yang rendah untuk fokus pada ide-ide dengan tingkat kesulitan rendah.

Periksa maksud pencarian

Peringkat tinggi di Google  adalah rahasia untuk mendapatkan lalu lintas pencarian yang konsisten ke posting blog Anda, tetapi kecuali jika orang benar-benar mencari posting blog ketika mereka mencari kata kunci Anda, peluang Anda untuk mendapatkan peringkat sangat tipis.

Itulah mengapa penting untuk memahami apakah sebagian besar pencari mencari posting blog atau sesuatu yang lain. Ini dikenal sebagai menilai maksud pencarian .

Untuk melakukan ini, ketik kata kunci Anda ke Google dan lihat hasil pencarian. Karena inti dari Google adalah untuk memberikan hasil yang relevan kepada pencari, hasil pencariannya adalah cara yang bagus untuk mengidentifikasi maksud pencarian.

Misalnya, ambil kata kunci seperti “pembuat pasta”.

Anda mungkin berasumsi bahwa tidak masuk akal untuk menulis posting blog tentang ini karena orang pasti ingin membeli pembuat pasta. Namun jika Anda melihat hasil pencarian, kebanyakan dari mereka adalah posting blog yang mengulas pembuat pasta terbaik.

Pilih format dan sudut pemenang

Bahkan jika pencari mencari posting blog, Anda tidak bisa hanya menulis posting lama dan peringkat di posisi terdepan karena pencari sering mencari sesuatu yang spesifik. Anda perlu mencari tahu apa ini untuk mengembangkan format dan sudut kemenangan untuk posting Anda.

Memilih format kemenangan

Sebagian besar posting blog ditulis dalam salah satu format berikut:

Panduan cara

Tutorial langkah demi langkah

Listicle

bagian opini

Tinjauan

Perbandingan

Bagaimana Anda tahu format apa yang dicari oleh pencari? Cari format yang dominan di hasil pencarian.

Misalnya, sebagian besar hasil untuk “ide makan malam” adalah listicles:

Namun sebagian besar hasil untuk “iga di atas panggangan” adalah panduan cara:

Apakah segala sesuatunya selalu sejelas dan sejelas ini? Tentu saja tidak. Terkadang akan ada campuran yang merata dari beberapa format konten dalam hasil, seperti halnya “iga sapi”.

Dalam kasus ini, Anda memiliki beberapa opsi:

Ikuti apa yang dilakukan halaman peringkat teratas

Cari kesamaan di antara 2-3 teratas

Buat tebakan terbaikmu

Memilih sudut kemenangan

Mengukur sudut lebih sulit  daripada format , tetapi ini secara efektif merupakan nilai jual utama konten Anda.

Bagaimana Anda mengetahui sudut kemenangan?

Anda dapat menebaknya: lihat SERPs.

Misalnya, orang yang menelusuri “steak sayap” jelas menginginkan resep yang menyertakan bumbu marinasi. Jika Anda ingin memberi peringkat, mungkin ada baiknya memberi orang apa yang mereka inginkan daripada hanya memberi tahu mereka untuk membumbui dengan garam dan merica dan membuangnya ke dalam wajan.

Berikut adalah beberapa sudut konten umum yang harus dicari dalam hasil pencarian:

Pengalaman pribadi  → 21 Alat Pemasaran Online Terbaik Yang Kami Gunakan Di Ahrefs

Best  → 6 Podcast Pemasaran Terbaik

Komentar ahli  → 33 Tips Decluttering yang Didukung Ahli

Untuk pemula → 17 Tips Blogging Untuk Pemula

Hasil spesifik  → 12 Tips SEO Cepat untuk Meningkatkan Traffic Organik Sudah

dicoba dan diuji  → 26 Ekstensi Chrome Gratis Terbaik untuk SEO (Dicoba & Diuji)

Kesegaran→  Pemasaran Konten: Panduan Komprehensif Untuk 2021

Tentu saja, ada banyak SERP di mana Anda tidak akan melihat sudut konten yang dominan. Dalam hal ini, buat tebakan terbaik Anda.

Buat garis besar berdasarkan data

Memiliki beberapa gagasan tentang apa yang harus disertakan dalam posting blog Anda akan membuatnya lebih mudah untuk ditulis. Tapi sementara Anda bisa membuat garis besar berdasarkan firasat, selalu lebih baik untuk mengambil pendekatan berbasis data untuk memahami apa yang sebenarnya dicari pengguna mesin pencari.

Mari kita lihat beberapa cara untuk melakukan ini.

Cari subjudul umum

Subjudul sering sejajar dengan subtopik. Jika Anda melihat subjudul umum di beberapa posting peringkat teratas untuk kata kunci Anda, itu mungkin sesuatu yang ingin diketahui oleh pencari.

Misalnya, tiga halaman peringkat teratas untuk “steak sayap” memiliki “apa itu steak sayap?” subjudul.

Mungkin ada baiknya memasukkan bagian serupa di setiap pos yang menargetkan kata kunci ini.

Jika Anda ingin mempercepat proses melihat subjudul, Anda dapat menggunakan laporan SEO on-halaman gratis di toolbar Ahrefs SEO  untuk melihat semua subjudul dalam sebuah posting.

Cari kata kunci umum

Sebagian besar halaman yang mendapat peringkat di halaman pertama Google  untuk satu kata kunci juga berada di peringkat 10 besar untuk ratusan kata kunci lainnya . Dan beberapa kata kunci ini akan mewakili subtopik yang mungkin ingin Anda sertakan dalam posting blog Anda.

Bagaimana Anda menemukan kata kunci ini?

Cukup colokkan beberapa halaman peringkat teratas ke Alat Celah Konten Ahrefs , atur mode ke URL, dan biarkan bidang bawah kosong.

Tekan “Tampilkan kata kunci” untuk melihat semua kata kunci yang diperingkat oleh satu atau lebih halaman ini.

Karena akan sering ada banyak kata kunci dan gangguan di sini, ada baiknya menggunakan filter persimpangan untuk menemukan kata kunci yang diperingkat oleh dua atau lebih halaman.

Dalam hal ini, banyak dari kata kunci tersebut hanyalah cara yang berbeda untuk mencari kata kunci utama kita. Tetapi ada beberapa yang dipetakan ke subtopik seperti “apa itu steak sayap,” “bumbu steak sayap,” dan “berapa lama untuk memanggang steak sayap.”

Periksa laporan “juga bicarakan”

Masukkan kata kunci utama Anda ke dalam Penjelajah Kata Kunci Ahrefs , lalu centang laporan Juga bicarakan tentang  untuk melihat kata kunci yang sering disebutkan di halaman peringkat teratas.

Jika kami melakukan ini untuk “steak sayap”, kami melihat kata kunci seperti:

carne asada

gula merah

anggur merah

kecap

minyak zaitun

Ini cukup memberi tahu kita apa yang mungkin dicari oleh para pencari dan bahkan memberi kita beberapa ide untuk jenis bumbu yang mereka cari.

Tulis postingan

Akhirnya tiba saatnya untuk mulai mengetuk keyboard Anda untuk menulis draf pertama Anda. Kabar baiknya adalah karena Anda telah membuat garis besar berdasarkan data, Anda tidak perlu khawatir dengan “menaburkan kata kunci” atau semacamnya. Tulis saja dan isi celahnya.

Bagaimana mengoptimalkan posting blog Anda untuk SEO

Sebagian besar pekerjaan optimasi keras sudah dilakukan dengan menyelaraskan posting blog Anda dengan maksud pencarian dan mengambil pendekatan berbasis data ke konten itu sendiri. Tapi ada baiknya melakukan beberapa optimasi lagi untuk memberikan posting Anda kesempatan terbaik di peringkat di Google.

Berikut adalah daftar periksa SEO cepat  yang dapat Anda ikuti untuk setiap posting yang Anda terbitkan untuk menambahkan lapisan gula pada kue:

Sertakan kata kunci Anda dalam judul

Jaga agar tag judul Anda tetap pendek

Gunakan URL yang selalu hijau

Buat deskripsi meta yang menarik

Optimalkan gambar

Tambahkan daftar isi

Sertakan ‘cuplikan yang dapat ditautkan’

Tambahkan markup skema

Tambahkan tautan internal

Sertakan kata kunci Anda dalam judul

Sebagian besar platform blogging seperti WordPress akan membungkus judul halaman Anda dalam header H1 , yang mungkin mengapa memasukkan kata kunci Anda dalam judul Anda adalah SEO 101 .

Jika Anda pernah membaca posting kami sebelumnya, Anda mungkin memperhatikan bahwa kami menyertakan kata kunci di sebagian besar judul.

Apakah ini akan membuat atau menghancurkan peringkat Anda?

Tentu saja tidak. Tapi setiap sedikit membantu.

Perlu diketahui bahwa tidak selalu masuk akal untuk memasukkan kata kunci Anda persis seperti yang tertulis di judul Anda. Terkadang lebih baik menggunakan variasi untuk meningkatkan keterbacaan.

Misalnya, kata kunci kami untuk posting ini  adalah “cara mendapatkan lebih banyak pelanggan youtube”, tetapi kami tidak menggunakan frasa yang tepat itu dalam judul kami karena ini adalah daftar.

Jaga agar tag judul Anda tetap pendek

Tag judul  penting karena muncul di hasil pencarian:

Sebagian besar platform blogging seperti WordPress akan menetapkan judul posting Anda sebagai tag judul Anda. Itu biasanya baik-baik saja, tetapi jika judul Anda sangat panjang, itu mungkin terpotong dalam hasil pencarian.

Apakah ini selalu hal yang buruk? Tidak juga, tetapi sering kali bijaksana untuk menghentikannya sejak awal.

Anda dapat melakukannya dengan membuat versi yang lebih pendek dari judul posting Anda untuk digunakan sebagai tag judul.

CATATAN SAMPINGAN.Kami menggunakan Yoast SEO  untuk melakukan ini di WordPress. Anda juga dapat menggunakan Rank Math , The SEO Framework , atau sejumlah plugin SEO lainnya untuk WordPress . Jika Anda menggunakan platform lain seperti Squarespace atau Wix, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengubah tag judul di luar kotak.