Dasar – Dasar Belajar Tentang SEO Terbaik Untuk Blogger

Dasar – Dasar Belajar Tentang SEO Terbaik Untuk Blogger – Ingin belajar tentang SEO dan meningkatkan lalu lintas blog Anda? Anda beruntung! Anda baru saja menemukan panduan SEO terbaik untuk blogger untuk meningkatkan lalu lintas blog Anda secara besar-besaran.

Dasar – Dasar Belajar Tentang SEO Terbaik Untuk Blogger

mizmizi.com – Ini bukan panduan SEO run-of-the-mill rata-rata untuk pemula yang dapat Anda temukan di mana-mana di internet. Kami telah memastikan bahwa kami telah membahas semua yang ada untuk membahas tentang SEO yang dapat membantu Anda membuka jalan ke peringkat teratas Google.

Panduan ini dirancang khusus untuk pemula yang baru mulai belajar tentang SEO untuk blogger.Dalam panduan ini, kami telah berbicara tentang contoh-contoh praktis yang telah kami uji sendiri. Anda akan belajar tentang strategi yang berhasil sekarang, dan tren berbeda yang perlu Anda ikuti tahun ini.Tak perlu dikatakan, jika Anda ingin meningkatkan permainan SEO Anda tahun ini maka Anda akan menyukai panduan ini.Mari kita lihat konten yang akan kita bahas dalam panduan ini.

Baca Juga : Enam Belas Tips SEO Sederhana untuk Blogger Baru

Dasar-dasar Optimasi Mesin Pencari

SEO adalah singkatan dari optimasi mesin pencari. Ini adalah proses mengoptimalkan konten Anda secara online dengan cara yang menonjol, yang membuat mesin pencari seperti Google menampilkannya di peringkat teratas untuk peringkat pencarian untuk kata kunci tertentu.

Ketika Anda mengoptimalkan konten Anda dengan cara yang benar, Anda akan melihat peringkat konten Anda di atas Google dan setiap mesin pencari lainnya.

Jika Anda ingin posting blog Anda mendapat peringkat di hasil pencarian, Anda harus menulis konten yang cocok dengan apa yang dicari orang. Ini dikenal sebagai “niat pencarian”. Jika Anda memenuhi maksud si pencari, maka Anda telah melakukan pekerjaan Anda sebagai seorang blogger.

Mengapa Saya Harus Belajar SEO untuk Blogger?

Jika Anda ingin mendapatkan peringkat situs Anda di halaman pertama Google dan mesin pencari lainnya, maka Anda perlu belajar SEO.Mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari adalah cara terbaik untuk meningkatkan lalu lintas Anda secara eksponensial dari waktu ke waktu.

Media sosial atau iklan berbayar mungkin memberi Anda lonjakan lalu lintas selama sehari, atau mengirimi Anda pengunjung selama Anda terus membayar. Tetapi belajar SEO adalah investasi yang akan terus terbayar seiring waktu.Saat ini, semua orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.Itulah mengapa penting untuk memposisikan diri Anda untuk ditemukan ketika mereka melakukannya.

Terminologi SEO Dasar

Ada beberapa istilah yang akan sering Anda dengar yang mungkin membuat Anda menggaruk-garuk kepala. Untuk memulai, berikut adalah beberapa istilah yang perlu Anda ketahui saat belajar SEO untuk blogger.

SEO On-page adalah segala sesuatu yang Anda lakukan di situs web Anda, mulai dari menggunakan kata-kata tertentu dalam konten Anda hingga aspek teknis seperti cara situs Anda dikodekan.

SEO di luar halaman adalah semua yang Anda lakukan untuk mempromosikan situs web Anda dan meningkatkan otoritasnya dari situs Anda, seperti mendapatkan tautan balik dari situs web otoritas lain.

Tautan balik bertindak seperti suara yang Anda dapatkan dari situs web lain. Google menganggap ini sebagai bukti bahwa konten Anda cukup bagus untuk menempati peringkat teratas. Semakin banyak backlink berkualitas yang Anda miliki, semakin mudah Anda untuk menentukan peringkat.

Black Hat SEO adalah praktik yang melanggar kebijakan Google dan dapat membuat situs Anda dihukum. Black Hat SEO dapat memberi Anda kesuksesan jangka pendek, tetapi Anda tidak akan bertahan lama di puncak. Cepat atau lambat, Anda akan dipecat oleh Google. Kami sangat menyarankan untuk tidak melakukan ini.

    White Hat SEO adalah kebalikan dari black hat SEO. Dengan kata lain, itu SEO dilakukan dengan cara yang benar. Tetap berpegang pada ini jika Anda ingin jangka panjang!

Ini akan membantu Anda memulai untuk saat ini. Sekarang mari kita beralih ke bab berikutnya.

Cara Kerja Mesin Pencari

Sebelum kita sampai ke bagian di mana kami menjelaskan bagaimana Anda dapat melakukan SEO untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari, kami ingin Anda memahami cara kerja mesin pencari.

Di bagian ini. kami juga akan berbicara tentang bagaimana orang menggunakan mesin pencari, cara kerjanya, faktor peringkat, algoritme, dan berbagai fitur halaman hasil mesin pencari (SERP).

Prosesnya lebih sederhana dari yang Anda kira. Mesin pencari memiliki bot, juga disebut spider, yang merayapi konten halaman web. Setelah selesai merangkak, Google menggunakan informasi itu dan menjalankannya melalui algoritme rahasia mereka untuk memutuskan peringkatnya di halaman hasil mesin pencari.

Jika Anda telah mengoptimalkan halaman Anda dengan benar, bot akan mengindeks halaman Anda pada kata kunci relevan yang ingin Anda targetkan. Ini juga tergantung pada berbagai algoritma Google dan mesin pencari lainnya, yang akan kita bicarakan secara rinci di bawah ini.

Faktor Peringkat Mesin Pencari

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 200 hal berbeda yang dilihat Google untuk menentukan cara menentukan peringkat setiap halaman web? Ini disebut “faktor peringkat”.

Jangan khawatir, kami tidak akan membahas semua 200 di sini!Tidak semuanya sangat penting atau membutuhkan perhatian Anda. Saya hanya akan memberi Anda beberapa tip tentang cara mengoptimalkan faktor peringkat yang paling penting.

Berikut sedikit info lebih lanjut tentang apa artinya semua:

Domain perujuk adalah situs web lain yang tertaut ke situs web Anda. Jika Anda memiliki domain otoritas tinggi yang menautkan ke Anda, maka ini tidak hanya akan meningkatkan otoritas situs web Anda tetapi juga akan memberi Anda kesempatan untuk peringkat lebih tinggi di Google.

Rasio klik-tayang (RKT) organik didefinisikan sebagai berapa kali pencari mengklik halaman Anda setelah mencari kata kunci. Jika Anda memiliki RKPT tinggi maka Anda memiliki peluang bagus untuk tetap berada di posisi yang awalnya Anda rangking, dan bahkan naik peringkat.

Otoritas domain adalah otoritas domain Anda yang Anda bangun dari waktu ke waktu dengan mendapatkan backlink berkualitas dan menerbitkan konten berkualitas tinggi yang dioptimalkan untuk pencarian.

Relevansi domain berarti domain Anda harus memiliki konten yang terkait dengan topik utama Anda. Misalnya, jika Anda memiliki blog perjalanan, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan peringkat pada topik terkait perjalanan. Jika Anda mulai menerbitkan berita atau resep teknologi, akan jauh lebih sulit untuk menentukan peringkatnya di hasil pencarian.

Kegunaan seluler mengacu pada betapa mudahnya menggunakan situs Anda di perangkat seluler seperti tablet dan ponsel cerdas. Ini membantu untuk meningkatkan waktu buka blog Anda sehingga memuat lebih cepat. Anda juga perlu mengerjakan keseluruhan pengalaman pengguna (UX).

Dwell time adalah waktu yang dihabiskan pengunjung di situs web Anda. Katakanlah blog Anda berada di peringkat ke-4 halaman pertama dan pengunjung mengklik ke blog Anda. Pengunjung Anda sangat menyukai konten dan menghabiskan waktu membaca informasi yang Anda miliki di blog Anda. Konten Anda telah memenuhi maksud pengguna dan dia meninggalkan situs Anda tanpa kembali ke hasil penelusuran dan mengeklik tautan lain. Google akan memperhatikan hal ini dan mungkin akan memberi Anda keuntungan di posisi Anda.

Jumlah total backlink adalah jumlah tautan ke situs web Anda dari situs lain di seluruh web.Kualitas konten tidak perlu diragukan lagi! Semakin baik konten yang Anda buat, semakin baik peluang mendapatkan tautan yang bagus. Ini adalah dasar dari SEO untuk blogger.

Pembaruan Algoritma Mesin Pencari

Mesin pencari, lebih khusus Google, membuat banyak pembaruan pada algoritme mereka untuk meningkatkan hasil pencarian mereka. Anda akan mendengar orang sering berbicara tentang bagaimana pembaruan Google tertentu membuat mereka mendapatkan atau kehilangan peringkat mereka.

Tetapi jika Anda melakukan semuanya dengan benar dan mengikuti pedoman dasar Google, maka Anda tidak perlu khawatir.Saran kami untuk Anda setelah Anda mulai melakukan SEO adalah bahwa akan ada saatnya Anda akan sangat dihargai setelah pembaruan Google. Kemudian juga akan ada saat ketika Anda mungkin kehilangan peringkat Anda meskipun Anda melakukan segalanya dengan benar.

Pada saat seperti ini, bersabarlah dan terus lakukan apa yang benar dan puaskan niat pengunjung Anda dengan konten menarik yang bagus. Jika Anda tetap berpegang pada itu, Anda akan dihargai.

Fitur Halaman Hasil Mesin Pencari

Halaman hasil mesin pencari (SERP) tidak hanya menyertakan daftar URL. Google telah menambahkan banyak fitur untuk mereka dari waktu ke waktu. Anda mungkin telah memperhatikan hal-hal seperti kotak unggulan, iklan, carousel gambar, dan fitur lainnya.

Fitur SERP yang harus Anda targetkan adalah cuplikan unggulan. Jika Anda berhasil memasukkan situs Anda ke dalam cuplikan unggulan, Anda akan mendapatkan peningkatan lalu lintas yang besar.

Sekarang kita tahu apa arti SEO dan bagaimana mesin pencari bekerja, saatnya untuk beralih ke hal-hal yang baik.Kami telah menjelaskan sedikit tentang apa arti SEO di halaman: semua yang Anda optimalkan di situs Anda sendiri untuk mendapatkan peringkat di hasil pencarian. Dalam bab ini, kita akan berbicara tentang implementasinya.

Kembali pada hari-hari awal mesin pencari, optimasi pada halaman adalah tentang memasukkan kata kunci sebanyak mungkin ke dalam konten Anda. Namun seiring dengan berkembangnya algoritme mesin telusur, praktik ini sebagian besar telah berakhir, karena lebih merugikan daripada membantu.

Sekarang ini semua tentang memahami perilaku dan keterlibatan pengguna.Mari beralih ke Daftar Periksa SEO di halaman untuk Blogger.Daftar Periksa Optimasi SEO Pada HalamanSebelum Anda menekan tombol terbitkan itu, pastikan Anda mencentang semuanya dari daftar.

Riset Kata Kunci untuk Postingan Blog Anda

Setelah Anda memiliki ide posting blog, Anda harus melakukan riset kata kunci seputar topik tersebut. Ini akan membantu Anda memahami cara orang menelusuri topik di Google.

Temukan kata kunci yang memiliki volume tinggi dan mudah diurutkan.Selain itu, Anda perlu memahami maksud dari kata kunci tersebut, sehingga Anda dapat dengan mudah menulis konten yang akan memuaskan para pencari.

Sederhananya, penelitian kata kunci adalah bagian pertama dan terpenting dari SEO yang tidak dapat Anda abaikan. Kami akan berbicara tentang penelitian kata kunci di bawah ini – Anda dapat mengklik di sini untuk melompat ke bagian penelitian kata kunci.

Optimalkan Judul dan Subjudul Posting Blog Anda

Sekarang setelah Anda memiliki kata kunci, Anda perlu menggunakannya dalam judul, subjudul, dan di seluruh konten artikel Anda.Anda tidak perlu secara paksa menggunakan kata kunci dalam konten Anda. Gunakan secara alami dan pastikan Anda tidak memasukkan kata kunci yang tidak masuk akal atau terdengar bagus. Selalu ingat bahwa Anda menulis untuk pembaca terlebih dahulu, lalu Google.

Satu-satunya tag meta yang perlu Anda khawatirkan adalah judul meta dan deskripsi meta. Anda harus menggunakan kata kunci Anda di kedua ini. Sangat mudah untuk melakukan ini jika Anda menggunakan plugin All in One SEO (AIOSEO).Dengan AIOSEO, Anda dapat dengan mudah mengatur judul halaman dan deskripsi meta secara manual, atau Anda dapat menggunakan tag yang sudah dibuat sebelumnya dengan variabel yang berbeda.

Ada juga pratinjau cuplikan sehingga Anda dapat melihat bagaimana judul posting dan deskripsi meta Anda akan terlihat di hasil pencarian.Ini penting karena dapat membantu Anda meningkatkan RKT (rasio klik-tayang), yang merupakan faktor peringkat penting. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa Anda melakukannya dengan benar.

Gunakan URL yang Dapat Dibaca

Ini adalah aspek penting dari SEO untuk blogger khususnya. Anda tidak akan pernah ingin URL posting blog Anda terlihat seperti ini:Sebagai gantinya, Anda harus membuat URL Anda ramah pengguna, sehingga terlihat lebih seperti ini:URL harus dapat menunjukkan isi konten, dan harus memberikan ide dasar tentang topik tersebut.Untuk memastikan bahwa URL Anda benar di WordPress, Anda dapat masuk ke dasbor Anda dan klik Pengaturan » Permalinks. Kemudian pilih “Post Name”

Tambahkan Multimedia ke Konten Anda

Menambahkan gambar dan video ke konten Anda akan membantu melibatkan pengunjung Anda dan mengurangi rasio pentalan Anda dan meningkatkan durasi kunjungan rata-rata Anda. Ini mengirimkan sinyal bagus ke Google yang membantu mendapatkan peringkat konten Anda.

Pastikan Anda menambahkan teks alternatif ke gambar Anda. Menambahkan teks alternatif ke gambar Anda membantu Google memahami tentang apa sebenarnya gambar itu. Ini juga membantu agar gambar Anda terdaftar di pencarian Gambar Google, yang berpotensi mendatangkan lalu lintas.Selalu optimalkan gambar Anda menggunakan TinyPNG, agar tidak memakan waktu terlalu lama untuk dimuat.

Tautan ke Postingan Blog Lain di Situs Anda

Tautan internal adalah cara sempurna untuk mengarahkan lalu lintas dari satu halaman ke halaman lain. Itu membuat waktu tinggal pengunjung di situs Anda lebih tinggi, itulah yang Anda inginkan sebagai pemilik situs web.

Dari perspektif SEO, tautan internal yang ditempatkan dengan benar membantu bot Google memahami struktur situs Anda dan tentang apa itu, dan halaman mana yang paling penting.Idealnya, setiap posting tidak boleh lebih dari dua klik untuk dijangkau dari halaman beranda Anda.

Pastikan Situs Anda Dioptimalkan untuk Seluler

Hampir 60% penelusuran berasal dari perangkat seluler seperti ponsel cerdas dan tablet, jadi penting untuk memiliki versi seluler yang sangat baik dan cepat dari situs Anda.Google melihat versi seluler situs Anda saat memutuskan bagaimana memeringkatnya di hasil pencarian, bahkan untuk pencarian yang dilakukan di desktop. Ini disebut “pengindeksan pertama seluler”.

Jadi, jika versi seluler Anda tidak cukup cepat, peringkat Anda tidak akan bagus, meskipun sebagian besar lalu lintas di situs Anda berasal dari orang-orang di desktop. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki desain responsif yang terlihat bagus pada tema apa pun, dan untuk menguji kecepatan situs web Anda untuk melihat apakah itu cukup cepat.

Optimalkan Konten Anda untuk Pencarian Suara

Pencarian suara telah meningkat 35x sejak 2008 dan 41% orang dewasa sekarang melakukan setidaknya satu pencarian suara per hari. Juga, 20% dari semua pencarian seluler dilakukan melalui suara.Itulah mengapa cerdas untuk mengoptimalkan konten Anda untuk pencarian suara juga.Agar hasil Anda muncul selama pencarian suara, Anda perlu memberi peringkat di 3 hasil teratas.

Ini juga meningkatkan peluang Anda jika konten Anda ada di cuplikan unggulan, karena 4 dari 10 hasil penelusuran suara berasal dari cuplikan unggulan.Ini membantu untuk memasukkan pertanyaan dan jawaban dalam konten Anda. Menambahkan bagian “Pertanyaan yang Sering Diajukan” di konten Anda dapat membantu lebih banyak lagi.

Cobalah untuk Mendapatkan Konten Anda Dalam Cuplikan Unggulan

Cuplikan unggulan, juga dikenal sebagai “posisi 0”, adalah faktor lain yang harus Anda coba optimalkan jika memungkinkan.Menurut Ahrefs, 13% dari semua hasil pencarian sekarang menampilkan cuplikan unggulan. Ini membuatnya sangat penting untuk mengoptimalkan konten Anda untuk mereka.Jadi, bagaimana konten Anda muncul di cuplikan unggulan?Pertama, Anda perlu mendapatkan peringkat konten Anda di halaman pertama. Dari sana, Anda dapat mengoptimalkan konten dan pemformatan untuk mendapatkan cuplikan.

Pada dasarnya, jenis posting blog terkait pertanyaan memiliki peluang lebih tinggi untuk masuk ke cuplikan unggulan.Anda dapat membaca panduan ini tentang cara mengoptimalkan konten untuk cuplikan unggulan untuk detail dan kiat lebih lanjut.

Pemasaran Konten dan SEO

Apakah Anda mempelajari SEO untuk blogger sebagai bagian dari strategi pemasaran konten Anda?Ini adalah sesuatu yang sebenarnya telah mengganggu saya untuk waktu yang lama. Terkadang orang berpikir bahwa pemasaran konten dan SEO bertentangan satu sama lain, atau bahwa SEO adalah sesuatu yang jahat sementara pemasaran konten murni.Sebenarnya, kami percaya bahwa pemasaran konten dan SEO berjalan seiring dan keduanya saling melengkapi.

Yang satu tidak bisa berhasil tanpa yang lain.

Bayangkan jika Anda menulis dan konten luar biasa yang diisi dengan visual dan informasi hebat, tetapi Anda tidak mengoptimalkannya untuk mesin telusur. Akankah ada yang membacanya? Demikian pula, Anda mengoptimalkan halaman dengan sempurna untuk mesin pencari tetapi dikemas dengan konten yang tidak akan dibaca oleh siapa pun. Apakah menurut Anda peringkatnya akan lama?

Itu sebabnya Anda perlu membuat konten yang unik dan menarik dan mengoptimalkannya untuk mesin pencari untuk efek maksimal.Ini membantu dalam mendapatkan lebih banyak backlink dan meningkatkan jangkauan konten Anda.

Jenis Konten yang Efektif

Pertama dan terpenting, konten Anda harus unik dan menarik. Itu harus bisa memuaskan niat pembaca.Ada beberapa jenis konten yang mendapatkan daya tarik lebih dari yang lain. Kami telah membahas ini dengan sangat rinci dalam panduan cara mendapatkan backlink.

Ini adalah beberapa konten yang paling banyak mendapatkan backlink dan engagement. Anda harus mencoba memunculkan ide-ide yang termasuk dalam salah satu jenis konten yang disebutkan di atas.Untuk tips dan ide lainnya, lihat panduan kami untuk jenis posting blog yang sesuai untuk niche apa pun.

Berapa Panjang Ideal Potongan Konten?

Panjang posting blog yang ideal tergantung pada berapa banyak kata yang Anda perlukan untuk menyampaikan pesan. Ingatlah bahwa Anda menulis untuk pengguna terlebih dahulu kemudian mesin pencari.Karena kami tidak dapat mengabaikan Google dan mesin telusur lainnya, kami perlu memahami bagaimana mereka berperilaku dalam hal panjang konten.

Menurut sebuah studi oleh Can I Rank, jumlah kata dari posting blog yang berada di peringkat 3 teratas adalah lebih dari 1000. Dalam hal ini, ada peluang lebih baik untuk peringkat di 3 besar jika konten Anda memiliki lebih dari 1000 kata. .

Bagaimana Melakukan Riset Kata Kunci

Anda tidak dapat menulis posting yang dioptimalkan tanpa melakukan riset kata kunci yang tepat terlebih dahulu.Agar adil, kami tidak dapat membahas semua hal tentang penelitian kata kunci dalam panduan ini. Ini akan membutuhkan panduan terpisah untuk mencakup setiap aspeknya.Tapi kami akan mencoba yang terbaik untuk menjelaskan bagaimana melakukan penelitian kata kunci dalam bab ini.

Riset Kata Kunci dengan Cara Mudah

Pertama, Anda perlu mendapatkan beberapa ide topik yang luas. Anda dapat melihat daftar ide posting blog kami untuk memulai. Dari sana, Anda dapat membuat daftar topik untuk mulai melakukan penelitian.

Ada banyak alat SEO di luar sana dengan fitur-fitur canggih untuk membantu Anda menentukan peringkat hasil pencarian. Tetapi untuk saat ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara gratis dan mudah untuk melakukan riset kata kunci dasar.Setelah Anda memiliki ide topik, masukkan topik Anda ke Google Penelusuran dan Anda akan melihat Google menyarankan beberapa kata kunci terkait.

Kata kunci yang disarankan ini penting karena Google tidak akan menampilkannya jika tidak sering dicari.Coba gunakan variasi kata kunci yang berbeda dan buat daftar saran kata kunci yang muncul.Anda mungkin juga memperhatikan kotak “Penelusuran yang terkait dengan…” di bagian bawah halaman hasil.

Tambahkan ini ke daftar kata kunci Anda juga. Dan untuk lebih meningkatkan daftar kata kunci Anda, Anda dapat mengklik salah satu kata kunci “pencarian yang terkait dengan” dan kemudian ini akan membawa Anda ke hasil kata kunci yang baru saja Anda klik. Gulir ke bawah halaman dan ini akan memberi Anda daftar kata kunci terkait.

Setelah Anda selesai dengan semua ini, Anda akan memiliki daftar kata kunci yang ekstensif. Jadi apa yang Anda lakukan dengan kata kunci yang Anda temukan? Bagaimana Anda membuat daftar pendek mereka?

Cara Memilih Kata Kunci yang Tepat

Terlepas dari penilaian Anda sendiri, Anda juga dapat mempertimbangkan faktor-faktor berikut untuk membantu Anda menentukan peringkat.Google Keyword Planner dan alat SEO lainnya dapat membantu Anda mencari statistik ini.

Volume pencarian: Saat Anda membuat daftar pendek kata kunci Anda, Anda perlu melihat apakah mereka memiliki volume yang layak. Ada peluang untuk mendapatkan banyak lalu lintas jika kata kunci Anda memiliki volume pencarian yang tinggi.Kesulitan Kata Kunci: Targetkan kompetisi rendah terlebih dahulu, mereka akan membantu Anda mendapatkan peringkat lebih cepat.

Tren Kata Kunci: Cara lain yang baik untuk memutuskan apakah kata kunci yang Anda pilih bagus atau tidak. Buka Google Trends dan masukkan kata kunci Anda. Google Trends akan menunjukkan apakah kata kunci Anda sedang tren atau tidak. Jika grafiknya tinggi, itu berarti Anda telah membuat pilihan yang tepat.

Kata Kunci Semantik

Kata Kunci Semantik adalah kata kunci yang terkait dengan kata kunci utama Anda. Mereka juga disebut kata kunci LSI (pengindeksan semantik laten).

Anda dapat menggunakan kata kunci tersebut dalam konten Anda untuk membuatnya lebih lengkap. Untuk menemukan kata kunci LSI, buka LSIGraph, masukkan kata kunci Anda dan dapatkan banyak kata kunci terkait untuk posting blog Anda.

Catatan Singkat: Jangan pernah mengisi blog Anda dengan kata kunci sehingga terdengar tidak wajar dan dipaksakan. Anda akan mengundang Google untuk menyerang Anda dengan keras dan menghukum situs Anda. Teknik pengoptimalan situs web ini sudah tua dan ketinggalan zaman, jangan biarkan orang lain memberi tahu Anda sebaliknya.