Cara Mengoptimalkan Konten Sebuah Blog

Mizmizi.com – Optimisasi mesin pencari, atau SEO, sangat penting bagi pemasar. Ketika Anda mengoptimalkan halaman web Anda — termasuk posting blog Anda — Anda membuat situs web Anda lebih terlihat oleh orang-orang yang menggunakan mesin pencari (seperti Google) untuk menemukan produk atau layanan Anda. Tetapi apakah konten blog Anda benar-benar membantu peringkat bisnis Anda secara organik? mesin pencari?

Cara Mengoptimalkan Konten Sebuah Blog

Cara Mengoptimalkan Konten Sebuah Blog – Di artikel ini, Anda akan menemukan jawaban untuk pertanyaan ini dan banyak lagi. Bersiaplah untuk eksplorasi mendalam tentang dunia SEO blog, faktor-faktor yang memengaruhinya, dan tips untuk mulai mengoptimalkan situs blog Anda untuk mesin pencari.

Meskipun konten blog jelas berkontribusi pada SEO Anda, banyak pembaruan algoritme Google dapat membuat penerbitan jenis konten blog yang tepat menjadi rumit jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana. Beberapa faktor peringkat blog telah teruji oleh waktu sementara yang lain dianggap “jadul”. Berikut adalah beberapa faktor peringkat teratas yang dapat, secara langsung dan tidak langsung, memengaruhi SEO blog.

Kiat pro: Sebagai aturan praktis, luangkan waktu untuk memahami apa yang dilakukan masing-masing faktor ini, tetapi jangan mencoba menerapkan semuanya sekaligus. Mereka masing-masing melayani tujuan tertentu dan harus digunakan untuk memenuhi tujuan SEO tertentu untuk blog Anda. Dengarkan Matt Barby dan Victor Pan dari HubSpot membahas topik ini dalam episode podcast ini.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi SEO Blog

Waktu Tinggal

Meskipun waktu tunggu adalah faktor peringkat tidak langsung untuk Google, ini merupakan faktor penting dalam pengalaman pengguna — dan kami tahu bahwa pengalaman pengguna adalah raja dalam hal SEO. Dwell time adalah lamanya waktu yang dihabiskan pembaca pada halaman di situs blog Anda. Dari saat pengunjung mengklik situs Anda di SERP, hingga saat mereka keluar dari halaman dianggap sebagai waktu tunggu. Metrik ini secara tidak langsung memberi tahu mesin pencari seperti Google betapa berharganya konten Anda bagi pembaca. Masuk akal bahwa semakin lama mereka menghabiskan waktu di halaman, semakin relevan bagi mereka.

Namun, ada alasan mengapa metrik ini merupakan indikator tidak langsung untuk SEO — ini sepenuhnya subjektif. Algoritme mesin pencari tidak mengetahui strategi konten Anda. Blog Anda dapat difokuskan pada konten bentuk pendek yang hanya membutuhkan satu atau dua menit untuk dibaca. Anda juga dapat memasukkan informasi terkait di awal posting blog Anda untuk memberikan pengalaman pembaca terbaik, yang berarti lebih sedikit waktu yang dihabiskan di halaman. Jadi ya, waktu tunggu dapat memengaruhi SEO, tetapi jangan memanipulasi konten Anda untuk mengubah metrik ini jika tidak masuk akal untuk strategi konten Anda.

Baca Juga : Panduan Pemula Untuk Blogging

Kecepatan Halaman

Kami telah menyebutkan sebelumnya bahwa elemen visual di blog Anda dapat memengaruhi kecepatan halaman, tetapi itu bukan satu-satunya hal yang dapat menggerakkan jarum ini. Kode yang tidak perlu dan penggunaan plugin yang berlebihan juga dapat berkontribusi pada situs blog yang lamban. Menghapus kode sampah dapat membantu halaman Anda memuat lebih cepat, sehingga meningkatkan kecepatan halaman. Jika Anda tidak yakin bagaimana menemukan dan menghapus kode sampah, lihat HTML-Cleaner. Ini adalah alat yang mudah digunakan yang tidak memerlukan pengetahuan pengkodean. Ini hanya menunjukkan kode yang tidak perlu dan memungkinkan Anda menghapusnya dengan mengklik tombol.

Saya juga merekomendasikan untuk menginventarisasi plugin situs blog Anda. Putuskan mana yang Anda perlukan agar blog Anda tetap berjalan sehari-hari dan mana yang dipasang sebagai perbaikan untuk masalah sementara. Plugin yang memengaruhi front-end situs Anda merupakan ancaman bagi kecepatan halaman, dan kemungkinan besar, Anda dapat menghapus lebih banyak plugin ini daripada yang Anda pikirkan untuk meningkatkan kecepatan situs Anda secara keseluruhan.

Responsivitas Seluler

Lebih dari setengah lalu lintas pencarian Google di Amerika Serikat berasal dari perangkat seluler. Pada tingkat individu, situs blog Anda mungkin mengikuti tren yang sama. Tidak ada jalan lain — mengoptimalkan situs blog Anda untuk seluler adalah faktor yang akan memengaruhi metrik SEO Anda. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan mengoptimalkan situs web untuk seluler? Aturan praktis industri adalah untuk menjaga hal-hal sederhana. Sebagian besar tema situs yang dibuat sebelumnya saat ini sudah ramah seluler, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah mengubah tombol CTA di sini dan memperbesar ukuran font di sana. Kemudian, perhatikan bagaimana kinerja situs Anda di seluler dengan melihat dasbor Google Analytics Anda dan menjalankan tes kecepatan situs seluler secara teratur.

Tanggal Indeks

Mesin pencari bertujuan untuk memberikan informasi yang paling relevan dan akurat yang tersedia. Faktor yang digunakan mesin telusur saat menentukan apa yang relevan dan akurat adalah tanggal mesin telusur mengindeks konten. Pengindeksan berarti mesin pencari menemukan konten dan menambahkannya ke indeksnya. Nantinya, halaman tersebut dapat diambil dan ditampilkan di SERP ketika pengguna mencari kata kunci yang terkait dengan halaman yang diindeks.

Anda mungkin bertanya-tanya: Apakah tanggal konten diindeks sama dengan tanggal penerbitannya?

Jawabannya: ya dan tidak. Jika postingan blog diterbitkan untuk pertama kalinya, kemungkinan besar perayap Google akan mengindeks postingan tersebut pada hari yang sama saat Anda mempublikasikannya. Tetapi konten dapat di-backdate karena beberapa alasan yang sah juga, seperti mengarsipkan informasi atau memperbarui satu atau dua kalimat.

Salah satu cara untuk memengaruhi faktor SEO ini secara positif adalah dengan menerapkan strategi pengoptimalan historis. Strategi ini bekerja dengan baik di blog yang telah berdiri selama beberapa tahun dan sudah memiliki cukup banyak konten. Dengan memperbarui posting lama ini dengan perspektif dan data baru, Anda akan dapat secara signifikan memengaruhi SEO blog Anda tanpa membuat banyak konten baru yang bersih. Perayap situs akan mengindeks ulang halaman — dengan mempertimbangkan konten yang diperbarui — dan memberinya kesempatan lain untuk bersaing di SERP. Ini benar-benar win-win.

Data Terbaru

Data terbaru, faktor peringkat SEO tidak langsung lainnya, harus dimasukkan dalam posting blog. Data terbaru memberi pengunjung informasi yang relevan dan akurat yang menghasilkan pengalaman pembaca yang positif. Saat Anda menyertakan tautan ke situs kredibel yang memiliki data asli dan terbaru, Anda memberi tahu mesin telusur bahwa situs ini bermanfaat dan relevan bagi pembaca Anda (yang merupakan nilai tambah untuk situs lain tersebut). Anda juga memberi tahu mesin telusur bahwa jenis data ini dalam beberapa hal terkait dengan konten yang Anda publikasikan. Seiring waktu, pembaca Anda akan menghargai konten yang dapat dikonfirmasi menggunakan metrik lain seperti peningkatan waktu di halaman atau rasio pentalan yang lebih rendah.

Identifikasi audiens target untuk blog Anda.

Tidak peduli industri apa yang ditargetkan blog Anda, Anda pasti ingin mengidentifikasi dan berbicara dengan audiens utama yang akan membaca konten Anda. Memahami siapa audiens Anda dan apa yang Anda ingin mereka lakukan ketika mereka mengklik artikel Anda akan membantu memandu strategi blog Anda.

Persona pembeli adalah cara yang efektif untuk menargetkan pembaca menggunakan perilaku pembelian, demografi, dan psikografis mereka. Tanpa wawasan ini, Anda dapat menghasilkan konten yang benar secara tata bahasa dan akurat yang hanya akan diklik oleh sedikit orang karena konten tersebut tidak berbicara kepada mereka secara pribadi.

Melakukan penelitian kata kunci.

Sekarang setelah Anda memilih audiens target dan menyiapkan persona pembeli, saatnya mencari tahu konten apa yang ingin dikonsumsi pembaca Anda. Riset kata kunci bisa menjadi tugas berat jika Anda tidak memulai dengan strategi. Oleh karena itu, saya sarankan memulai dengan topik yang akan dibahas blog Anda, kemudian memperluas atau mengontrak cakupan Anda dari sana. Untuk tutorial mendalam, lihat panduan cara kami tentang penelitian kata kunci.

Tambahkan visual.

Mesin pencari seperti Google menghargai visual untuk kata kunci tertentu. Gambar dan video adalah salah satu elemen visual paling umum yang muncul di halaman hasil mesin pencari. Untuk mencapai tempat yang didambakan dalam paket gambar atau cuplikan video, Anda ingin mendesain grafis kreatif, menggunakan foto dan video asli, dan menambahkan teks alternatif deskriptif ke setiap elemen visual dalam posting blog Anda.

Teks alternatif adalah faktor utama yang menentukan apakah gambar atau video Anda muncul di SERP atau tidak dan seberapa tinggi tampilannya. Teks alternatif juga penting bagi pembaca layar sehingga individu dengan gangguan penglihatan memiliki pengalaman positif dalam mengonsumsi konten di situs blog Anda.

Tulis judul yang menarik.

Judul posting blog Anda adalah elemen pertama yang akan dilihat pembaca ketika mereka menemukan artikel Anda, dan itu sangat memengaruhi apakah mereka akan mengklik atau terus menggulir. Judul yang menarik menggunakan data, mengajukan pertanyaan, atau mengarah dengan rasa ingin tahu untuk menarik minat pembaca.

Menurut Coscheduler’s Headline Analyzer, unsur-unsur judul yang menarik mencakup kata-kata yang kuat, emosional, tidak biasa, dan umum. Dalam proporsi yang tepat, jenis kata dalam judul blog ini akan menarik perhatian pembaca Anda dan mempertahankannya di halaman.

Berikut adalah contoh judul yang menarik dengan Skor Coschedule Headline Analyzer 87:

Gaun Sempurna Memiliki 3 Elemen Menurut Pakar Fashion Populer Ini

    Disorot dengan warna kuning adalah kata-kata umum. Mereka akrab bagi pembaca dan tidak menyimpang terlalu jauh dari judul lain yang mungkin muncul di SERP.

    “Pakar” adalah kata yang emosional, menurut Coschedule. Dalam contoh ini, kata pakar membangun kepercayaan dengan pembaca dan memberi tahu mereka bahwa artikel ini memiliki sudut pandang otoritatif.

    Kata-kata ungu adalah kata-kata yang kuat — ini berarti kata-kata itu menarik perhatian pembaca dan membuat mereka penasaran dengan topiknya.

    Unsur lain dalam judul ini adalah nomor tiga. Ini memberi sinyal kepada pembaca bahwa mereka akan mempelajari sejumlah fakta spesifik tentang gaun yang sempurna.

Sertakan CTA yang menarik.

Apa itu posting blog tanpa ajakan bertindak? Tujuan CTA adalah untuk mengarahkan pembaca Anda ke langkah berikutnya dalam perjalanan mereka melalui blog Anda. Kunci CTA yang hebat adalah relevan dengan topik postingan blog Anda yang ada dan mengalir secara alami dengan konten lainnya. Baik Anda menjual produk, menawarkan langganan buletin, atau ingin pembaca mengonsumsi lebih banyak konten Anda, Anda memerlukan CTA yang menarik di setiap posting blog yang Anda terbitkan.

CTA tersedia dalam semua jenis format, jadi berkreasilah dan bereksperimenlah dengannya. Tombol, hyperlink, dan widget adalah beberapa CTA yang paling umum, dan semuanya memiliki tujuan yang berbeda. Misalnya, Anda harus menambahkan CTA tebal dan terlihat seperti tombol jika Anda ingin pembaca melakukan pembelian. Di sisi lain, Anda dapat dengan mudah membuat pembaca melihat posting blog lain dengan memberikan hyperlink ke sana di akhir artikel saat ini.

Fokus pada pengalaman pembaca.

Setiap penulis atau SEO hebat akan memberi tahu Anda bahwa pengalaman pembaca adalah bagian terpenting dari posting blog. Pengalaman pembaca mencakup beberapa faktor seperti keterbacaan, pemformatan, dan kecepatan halaman. Itu berarti Anda ingin menulis konten yang jelas, komprehensif tentang topik Anda, dan akurat sesuai dengan data dan tren terbaru. Mengatur konten menggunakan heading dan subheading juga penting karena membantu pembaca memindai konten dengan cepat untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Terakhir, elemen di halaman seperti gambar dan video berdampak pada kecepatan halaman. Pertahankan ukuran file gambar tetap rendah (250 KB adalah titik awal yang baik) dan batasi jumlah video yang Anda sematkan pada satu halaman. Dengan berfokus pada apa yang ingin diketahui pembaca dan mengatur postingan untuk mencapai tujuan itu, Anda akan segera menerbitkan artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari.