Cara Memulai Blog – Panduan Lengkap untuk Pemula (2022)

Cara Memulai Blog – Panduan Lengkap untuk Pemula (2022) – Memulai sebuah blog dapat bermanfaat bagi merek pribadi atau bisnis Anda. Ini adalah outlet yang sangat baik untuk ekspresi diri dan dapat meningkatkan visibilitas online, menghubungkan Anda dengan audiens Anda, dan menjadi sumber pendapatan tambahan.

Cara Memulai Blog – Panduan Lengkap untuk Pemula (2022)

mizmizi.com – Artikel ini berisi panduan ramah pemula yang komprehensif tentang cara memulai blog. Kami akan membahas menemukan ceruk, menyiapkan platform blogging, menerbitkan konten, mempromosikan blog Anda, dan banyak lagi.

Baca Juga : 5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang SEO Sekarang

1. Pilih Niche Blog Anda

Niche adalah topik spesifik yang akan menjadi fokus blog Anda serta menentukan audiens target Anda. Selain itu, ini akan membantu Anda memilih nama untuk blog Anda dan mengembangkan strategi blogging yang terfokus. Contoh ide niche blog termasuk menulis tentang buku , perjalanan, game, fotografi, dan makanan.

Mungkin tergoda untuk membahas berbagai topik saat memulai halaman blog. Namun, mencoba untuk menguasai setiap mata pelajaran sangat sulit dan tidak berkelanjutan. Anda mungkin melakukan beberapa posting yang sukses, tetapi audiens Anda akan tersebar, sehingga sulit untuk mempertahankan pembaca setia. Itulah mengapa penting untuk tetap berpegang pada ceruk yang bisa membuat Anda memiliki pengikut setia. Audiens yang berdedikasi akan menantikan konten Anda berikutnya, memberi blog Anda aliran lalu lintas yang stabil.

2. Dapatkan Web Hosting dan Nama Domain

Setelah Anda menentukan niche, saatnya untuk mulai menyiapkan situs web untuk blog Anda. Dua langkah terpenting untuk membuat blog online apa pun adalah mengamankan hosting web dan nama domain. Web hosting adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk mempublikasikan situs web dan semua filenya secara online, sehingga memungkinkan orang untuk mengunjunginya. Membeli hosting berarti menyewa ruang server oleh penyedia hosting, memberi Anda akses ke alokasi sumber daya yang dibutuhkan untuk membangun blog dan menjalankannya.

3. Siapkan Platform Blogging

Setelah Anda membeli paket hosting dan memilih nama domain, inilah saatnya untuk memutuskan platform blogging tempat blog baru Anda akan dijalankan. Dihosting atau Dihosting Sendiri? Bergantung pada platform mana yang Anda pilih, Anda akan memilih solusi yang dihosting atau dihosting sendiri. Sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara keduanya.

Platform yang dihosting mencakup semua. Mereka biasanya menyertakan semua alat yang diperlukan untuk membangun blog. Tidak perlu membeli hosting dan nama domain secara terpisah. Contoh platform blogging yang dihosting termasuk pembuat situs web seperti WordPress.com, Zyro, Squarespace, dan Weebly. Namun, berhati-hatilah untuk tidak membingungkan WordPress.com dengan WordPress.org yang dihosting sendiri.

4. Buat Blog dengan WordPress

Seperti yang telah kita bahas, ada banyak platform blogging untuk dipilih. Namun, untuk pengalaman yang paling lengkap, kami sarankan untuk memulai blog dengan CMS yang dihosting sendiri oleh WordPress, jadi di bagian ini kita akan membahas cara memulai blog WordPress. WordPress adalah salah satu CMS terbaik yang tersedia dan platform yang sangat baik untuk membangun blog.

Meskipun dapat memberi daya pada hampir semua jenis situs web, pada awalnya dirancang untuk blogging. Akibatnya, WordPress memiliki banyak alat dan fitur manajemen blog. Meskipun WordPress memiliki kurva belajar yang lebih curam daripada kebanyakan pembuat situs web, ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu pengguna mempelajari cara menjadi blogger lebih cepat. Setelah Anda memahami WordPress, manajemen hariannya akan menjadi jauh lebih mudah.

5. Publikasikan Konten dan Kembangkan Blog Anda

Setelah instalasi selesai, masuk ke area admin WordPress Anda. Di sini, Anda dapat mulai membuat perubahan pada blog baru Anda. Bagian ini akan fokus pada cara mendesain dan menyesuaikan blog WordPress yang dihosting sendiri. Kami akan membahas tema WordPress dan cara menyesuaikannya. Kami juga akan membahas plugin dan pengaturan halaman yang harus disertakan blog Anda.

Pilih Tema Blog

Tema adalah templat desain yang dibuat sebelumnya untuk situs WordPress yang dapat disesuaikan lebih lanjut. Ada opsi gratis dan premium yang tersedia di perpustakaan WordPress dan sumber pihak ketiga seperti ThemeForest . Lebih dari 8.400+ tersedia di direktori tema WordPress resmi saja. Dengan tema premium, dapatkan akses ke dukungan khusus, pembaruan rutin, dan plugin premium yang disertakan dengan pembelian Anda. Tema WordPress gratis mungkin cukup untuk beberapa blog yang sukses, tetapi mereka biasanya menyertakan sedikit atau tanpa dukungan, membuat tema premium sepadan dengan investasi.

6. Kampanye Pra-Peluncuran dan Publikasikan Konten Blog

Sebelum Anda mulai blogging, penting untuk mengurus kampanye pra-peluncuran. Sebuah blog yang direncanakan dengan baik lebih mungkin untuk berhasil. Anda harus membuat keputusan mengenai jenis konten yang ingin Anda terbitkan dan jadwal postingnya.

7. Promosikan dan Kembangkan Pengikut Blog Anda

Langkah selanjutnya adalah membuat orang membaca blog Anda. Bahkan jika Anda memiliki konten berkualitas tinggi, tidak masalah jika tidak menjangkau audiens target Anda. Itu sebabnya promosi blog sangat penting.

Optimalkan Blog Anda dengan Praktik SEO

Optimisasi mesin pencari (SEO) mengacu pada serangkaian teknik yang digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari. Membuat situs web berperingkat tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP) sangat penting. Menurut BrightEdge, 53,3% dari semua lalu lintas situs web berasal dari pencarian organik . Jika Anda memiliki posting dan halaman berperingkat tinggi di mesin pencari, blog Anda akan lebih cenderung menikmati aliran lalu lintas organik yang stabil tanpa harus membeli iklan.