Apa Yang Dimaksud Dengan SEO Blog?

Apa Yang Dimaksud Dengan SEO Blog? – SEO Blog adalah praktik mengoptimalkan konten blog, arsitektur situs, dan kode HTML untuk mesin pencari. Tugas umum yang terkait dengan SEO blog termasuk pengoptimalan halaman, menginstal plugin, meningkatkan kecepatan pemuatan halaman, dan tautan internal.

Apa Yang Dimaksud Dengan SEO Blog?

Mengapa SEO Blog Penting?

mizmizi.com – Mesin pencari adalah sumber lalu lintas yang sangat penting untuk blog.Faktanya, survei terbaru terhadap lebih dari 1000 blogger menemukan bahwa SEO adalah sumber lalu lintas terpenting ke-3 mereka (tepat di belakang pemasaran email).

Blog kita sendiri adalah bukti nyata dari kekuatan SEO. Tentu, kami mendapatkan cukup banyak lalu lintas dari Twitter, LinkedIn, email, dan lalu lintas langsung. Dan ditambahkan bersama-sama, sumber-sumber ini merupakan mayoritas lalu lintas bulanan kami.

Tapi Google mengirimkan kami lebih dari 396.000 pengunjung per bulan.Tanpa SEO blog, pertumbuhan situs kita akan jauh lebih lambat.Dan jika Anda ingin mempelajari cara mengoptimalkan blog Anda untuk SEO, lihat tips SEO yang teruji ini.

Praktik terbaik

Temukan Satu Kata Kunci Utama Untuk Setiap Posting.Setiap posting blog yang Anda terbitkan harus dioptimalkan sekitar satu kata kunci.Jika Anda mengoptimalkan posting Anda di sekitar banyak kata kunci yang berbeda, Google dan mesin pencari lainnya menjadi bingung. Mereka tidak tahu tentang apa konten Anda sebenarnya.

Tetapi ketika Anda fokus pada satu kata kunci, Google dapat dengan mudah memahami bahwa posting Anda adalah tentang satu topik ituJadi langkah pertama Anda adalah menemukan satu kata kunci utama untuk posting Anda.

Jika blog Anda baru, saya sarankan untuk fokus pada kata kunci ekor panjang terlebih dahulu. Itu karena jangka panjang tidak super kompetitif.Untuk menemukan kata kunci ekor panjang, ketik istilah ke pencarian Google dan periksa kata kunci yang disarankan Google di bawah bilah pencarian.

Anda juga dapat menggunakan alat kecil gratis yang disebut Answer The Public.Alat ini menghasilkan daftar kata kunci berbasis pertanyaan yang dapat Anda optimalkan untuk posting Anda.(Selain penelitian kata kunci, alat ini sangat bagus untuk menghasilkan ide topik konten.)

Optimalkan Posting Blog Anda

Sekarang setelah Anda menemukan kata kunci ekor panjang, Anda ingin mengoptimalkan posting Anda di sekitar istilah itu.Tidak perlu memasukkan kata kunci Anda jutaan kali di halaman Anda. Itu disebut “penjejalan kata kunci”. Isian kata kunci digunakan untuk bekerja kembali pada hari itu. Tapi itu bisa lebih berbahaya dan baik hari ini.Sebaliknya, Anda ingin memasukkan kata kunci Anda di beberapa tempat utama di halaman Anda.

Judul dan Tag Judul

Sebagian besar CMS (seperti WordPress) memiliki bidang judul di bagian atas posting.Dan Anda ingin memasukkan kata kunci Anda dalam judul posting blog Anda dan tag judul halaman Anda.Misalnya, pada halaman ini dari situs kami, kami menyertakan kata kunci target kami “kata kunci SEO” di judul posting:

Baca Juga : Dasar – Dasar Belajar Tentang SEO Terbaik Untuk Blogger

Dan kami menggunakan kata kunci yang sama persis di tag judul kami:Dalam hal SEO blog, tag judul Anda adalah yang paling penting dari keduanya.Itu karena Google memberi bobot ekstra pada istilah yang muncul di tag judul halaman Anda.Tema dan plugin WordPress tertentu secara otomatis menjadikan postingan Anda sebagai tag judul. Tapi yang lain tidak. Jadi, Anda ingin memeriksa ulang HTML halaman Anda untuk memastikan bahwa kata kunci Anda berakhir di judul Anda.

Bagian Pendahuluan dan Kesimpulan

Anda juga ingin menyebutkan kata kunci Anda di intro dan kesimpulan posting blog Anda.Dalam pengalaman saya, menempatkan kata kunci Anda di dua area utama ini sedikit membantu dengan SEO pada halaman.Misalnya, saya menerbitkan panduan yang disebut Copywriting: The Definitive Guide.Seperti yang Anda lihat, saya menambahkan kata kunci utama saya (“copywriting”) di intro dan kesimpulan saya.

Subpos H1, H2 dan H3

Gunakan kata kunci Anda dalam subpos H1, H2 atau H3.Sebagian besar tema WordPress secara otomatis membuat judul posting Anda menjadi H1.Tapi, seperti tag judul Anda, Anda perlu memeriksa HTML halaman Anda untuk memastikan.Selain H1, tambahkan setidaknya satu subjudul ke posting Anda yang berisi kata kunci.

Misalnya, saya menambahkan kata kunci saya di subpos H2 ini:

Kiat-kiat ini adalah praktik terbaik SEO yang paling penting untuk diingat saat Anda mengoptimalkan konten blog Anda.Tapi mereka hanya menggores permukaan. Dalam hal SEO di halaman, Anda juga dapat mengoptimalkan teks alternatif halaman, kecepatan situs, desain responsif, pengoptimalan seluler, dan banyak lagi.Dan jika Anda ingin mengoptimalkan setiap posting sepenuhnya, saya sarankan menonton video ini.

Siapkan Plugin SEO

Wix. ruang persegi. Shopify. WordPress.Mereka semua mengklaim sebagai “SEO friendly” di luar kotak.Namun seberapa pun SEO friendly masing-masing, biasanya mereka membutuhkan sedikit bantuan berupa plugin atau ekstensi SEO.Yoast SEO sejauh ini merupakan plugin SEO paling populer untuk WordPress. Tapi ada juga All In One SEO dan RankMath.Dan ada plugin SEO serupa untuk hampir semua platform blogging di luar sana.Plugin yang tepat tidak terlalu penting. Yang penting adalah Anda menggunakan jenis plugin SEO yang tepat di blog Anda.

Secara khusus, Anda menginginkan plugin yang:

    Membantu Anda mengoptimalkan tag judul dan deskripsi: Dengan begitu, Anda dapat menulis judul dan deskripsi meta yang dioptimalkan untuk SEO.

    Buat peta situs: Peta situs XML membantu mesin pencari menemukan semua posting dan halaman blog Anda

    Permudah untuk membuat struktur situs yang ramah SEO: Untuk blog, ini berarti dapat dengan mudah mengindeks halaman dan postingan yang tidak ingin diindeks oleh mesin telusur.

    Kompres gambar untuk kecepatan: Kecepatan halaman tidak akan membuat atau menghancurkan peringkat Anda. Tetapi halaman yang dimuat dengan cepat dapat memberi Anda sedikit dorongan.

Setelah Anda memiliki plugin tersebut, saatnya untuk…

Letakkan Blog Anda Di Subfolder

Jika blog Anda adalah situs Anda, Anda tidak perlu khawatir tentang ini.Tetapi bagaimana jika Anda adalah bisnis SaaS? Atau apakah Anda menjual jasa?Di mana Anda meletakkan blog Anda?Dulu, orang-orang biasa meletakkan blog mereka di subdomain, seperti ini:

blog.contoh

 Ternyata, subdomain tidak terlalu ramah SEO.Sebagai gantinya, Anda ingin meletakkan blog Anda di subfolder, seperti ini.

Contoh /blog

Faktanya, itulah yang kami lakukan di Backlinko.

Faktanya, John Doherty memindahkan blog kliennya dari subdomain ke subfolder. Dan itu membantu meningkatkan lalu lintas organik mereka sebesar 98%.Gunakan URL Evergreen URL blog bisa super duper panjang.Dan ternyata, URL yang panjang tidak bagus untuk SEO.

Kami menemukan korelasi antara URL pendek dan peringkat Google yang lebih tinggi.Inilah mengapa saya merekomendasikan URL pendek dan khusus untuk setiap posting.Misalnya, banyak platform blog (termasuk WordPress), menghasilkan URL berdasarkan judul blog Anda.

Tetapi Anda dapat dengan mudah mengedit URL Anda untuk membuatnya lebih pendek.Dan selama URL Anda berisi kata kunci, Anda siap melakukannya.Tapi itu bukan satu-satunya masalah dengan URL yang panjang:Bergantung pada bagaimana blog Anda diatur, posting Anda dapat berakhir dengan tanggal di URL Anda.

Ini menambahkan sampah ekstra ke URL Anda yang dapat merusak SEO Anda. Tapi itu juga membuat postingan lama Anda tampak… tua.Dan bahkan jika Anda kembali dan memperbarui konten lama Anda, tanggal di URL tetap sama.URL khusus yang selalu hijau untuk setiap posting menghindari kedua masalah ini.

Tulis Deskripsi Meta Unik

Kami menganalisis lebih dari 5 juta hasil pencarian Google.Dan salah satu temuan paling menarik dari penelitian kami adalah bahwa deskripsi meta dapat meningkatkan rasio klik-tayang organik.Jadi Anda pasti ingin menulis deskripsi meta khusus untuk setiap posting yang Anda publikasikan di blog Anda.

Jika halaman Anda tidak memiliki deskripsi meta, Google akan membuatnya sendiri berdasarkan konten di halaman Anda.

Terkadang deskripsi mereka akan mendorong orang untuk mengklik. Tetapi sebagian besar waktu, deskripsi tulisan tangan akan bekerja jauh lebih baik.Catatan: Anda tidak perlu memasukkan kata kunci dalam deskripsi meta Anda. Google tidak menggunakan deskripsi dalam algoritme mereka. Ini murni untuk meningkatkan CTR organik di SERP.

Tautan Internal Antar Posting

Ingin teknik SEO topi putih yang mudah dan benar-benar berfungsi?Coba tautan internal antara berbagai pos di situs Anda.Cara termudah untuk memanfaatkan tautan internal adalah dengan mengikuti proses 2 langkah ini setiap kali Anda memublikasikan sesuatu yang baru:

Pertama, tambahkan 5-10 tautan internal ke postingan baru Anda. Tautan ini harus mengarah ke posting lama di situs Anda.Kedua, tambahkan 5-10 tautan internal dari posting lama ke posting baru Anda.Dan saat Anda berada di sana, pastikan untuk menggunakan teks jangkar yang menjelaskan pos Anda. Jadi, alih-alih teks jangkar seperti: “postingan ini”, gunakan teks jangkar: “postingan ini tentang pengalaman pengguna”.Itu saja.

Kategori Noindex dan Halaman Tag

Halaman kategori dan tag hampir 100% duplikat konten. Yang dapat menyebabkan masalah SEO yang serius.Inilah mengapa saya menyarankan sebagian besar situs menambahkan tag “noindex” ke kategori dan halaman tag. Dengan begitu, halaman yang agak tidak berguna ini tidak akan diindeks oleh mesin pencari.

Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah jika halaman ini mendatangkan lalu lintas ke situs web Anda. Dalam hal ini, Anda dapat menyimpannya.Tetapi jika Anda seperti kebanyakan blogger, halaman kategori dan tag Anda harus memiliki tag noindex yang diterapkan padanya.

Buat Peta Situs Blog

Salah satu hal keren tentang blog adalah, karena mereka selalu mengeluarkan hal-hal baru, Googlebot biasanya merayapinya setiap saat.Tetapi untuk membuatnya sangat mudah bagi Google untuk merayapi dan mengindeks semua posting Anda, saya sarankan menggunakan peta situs. Peta situs hanyalah daftar yang menautkan ke semua posting dan halaman Anda.

Banyak plugin SEO akan secara otomatis membuat peta situs untuk Anda. Misalnya, Yoast membuat plugin yang menautkan ke posting dan halaman.Berbicara tentang halaman, ini adalah alasan lain untuk menggunakan peta situs di blog Anda. Tidak seperti posting blog yang muncul di feed blog Anda, halaman terkadang terkubur di situs Anda.

Hal ini dapat mempersulit mesin pencari untuk menemukannya. Tautan internal ke halaman tersebut dapat membantu. Tetapi sekali lagi, tidak ada salahnya untuk juga mencantumkan halaman Anda di peta situs.

Pantau SEO Anda Dengan Search Console

Search Console adalah alat SEO yang harus dimiliki untuk blogger mana pun.Ada banyak sekali fitur yang dikemas ke dalam GSC.Namun hanya ada beberapa fitur yang perlu Anda perhatikan untuk SEO blog.

Yang pertama adalah Laporan Kinerja.

Laporan ini menunjukkan kepada Anda semua kata kunci yang saat ini Anda rangking di Google (dan berapa banyak orang yang mengklik hasil Anda).Anda juga ingin memeriksa bagian “Cakupan” dan “Peta Situs”.Fitur Cakupan menunjukkan kepada Anda berapa banyak halaman yang saat ini telah Anda indeks di Google.Dan fitur Peta Situs menunjukkan kepada Anda peta situs terbaru yang pernah dilihat Google. Ini juga memungkinkan Anda mengirimkan peta situs baru.

Optimalkan Posting Anda untuk Cuplikan Unggulan

Anda mungkin pernah melihat Cuplikan Unggulan sebelumnya.Itu adalah potongan teks pendek yang diambil Google dari hasil pencarian. Dan mereka biasanya muncul di bagian atas hasil organik.

Google cenderung mengambil teks dari posting blog dan artikel untuk digunakan dalam Cuplikan Unggulan. Dan mengingat bahwa blog cukup banyak hanya menerbitkan artikel, pengoptimalan Cuplikan Unggulan harus menjadi bagian dari rencana SEO blog mana pun.

Untuk memanfaatkan Cuplikan Unggulan, Anda harus terlebih dahulu mencari tahu jenis Cuplikan Unggulan apa yang Anda tuju.Jika Anda ingin menentukan peringkat untuk “Cuplikan Definisi”, pastikan untuk menyertakan definisi yang dapat digunakan Google dalam postingan Anda.

Berikut ini contohnya:

Bentuk umum lain dari Cuplikan Unggulan adalah “Cuplikan Daftar”.Cara terbaik untuk mengoptimalkannya adalah dengan menggunakan banyak subjudul di postingan Anda.Misalnya, konten kami saat ini berada di peringkat dalam Cuplikan Unggulan ini.Setiap item yang dimasukkan Google ke dalam daftar itu berasal dari subjudul dari pos itu.

Kurangi Rasio Pentalan Anda

Apakah Rasio Pentalan merupakan faktor peringkat Google masih diperdebatkan.Yang mengatakan:Beberapa studi industri telah menemukan korelasi antara rasio pentalan dan peringkatApakah korelasi berarti sebab-akibat? Tidak.

Tetapi sebenarnya tidak ada kerugian untuk mengurangi rasio pentalan Anda. Dan itu dapat membantu meningkatkan peringkat SEO Anda.Jadi masuk akal untuk meluangkan waktu untuk meningkatkan rasio pentalan Anda.

Pada tingkat tinggi, cara terbaik untuk mengurangi rasio pentalan situs Anda adalah dengan menerbitkan konten yang memberikan apa yang mereka inginkan kepada pencari Google.(Dengan kata lain: konten yang memenuhi maksud pencarian.)

Saat seseorang membuka postingan Anda dan berkata: “Bagus! Inilah yang saya cari”, mereka akan tetap tinggal dan membaca barang-barang Anda.Tetapi jika posting Anda tidak sesuai, mereka akan terpental.Dan jika cukup banyak orang yang terpental, Google akan memperhatikan dan menurunkan peringkat Anda.

Selain itu, saya sarankan untuk fokus pada desain blog Anda.Pengguna membuat keputusan sepersekian detik untuk tetap tinggal atau meninggalkan blog Anda. Dan jika blog Anda terlihat sangat profesional, mereka cenderung bertahan.

Faktanya, ketika saya melihat data Google Analytics kami, saya melihat bahwa panduan kami yang dirancang secara profesional cenderung memiliki rasio pentalan yang sedikit lebih rendah daripada posting normal.Publikasikan Konten yang Dirancang untuk Pembuatan Tautan.Pada titik ini blog Anda siap untuk kesuksesan SEO.

Yang mengatakan:

Blog Anda dapat memiliki konten kelas dunia yang luar biasa. Dan Anda dapat menerapkan setiap teknik optimasi mesin pencari di planet ini.Tetapi agar blog Anda mendapat peringkat di Google, Anda perlu membangun backlink. Dan banyak dari mereka.

Untungnya, karena Anda menjalankan blog, situs Anda siap untuk mendapatkan tautan. Lagi pula, Anda secara konsisten menerbitkan konten berkualitas tinggi. Jenis konten persis yang ingin ditautkan oleh blogger lain.

Dan jika tujuan utama Anda dengan pemasaran konten adalah untuk mendapatkan lebih banyak tautan ke blog Anda, maka saya sarankan untuk fokus pada.Analisis terhadap 900+ juta posting menemukan bahwa jenis konten khusus ini mendapat lebih banyak tautan daripada rata-rata.

Itu tidak berarti Anda HANYA harus mempublikasikan mengapa posting dan infografis. Namun dalam hal membangun tautan, format ini cenderung berkinerja terbaik.

Belajarlah lagi

SEO On-Page: Anatomi Halaman yang Dioptimalkan dengan Sempurna: Semua yang perlu Anda ketahui tentang optimasi on-page pada satu halaman. Termasuk strategi lanjutan.Cara Menulis Posting Blog: Panduan untuk menulis, menerbitkan, dan mempromosikan konten blog yang menghasilkan share dan backlink.

Tutorial Penelitian Kata Kunci Tingkat Lanjut: Saya tidak punya banyak ruang untuk melakukan penelitian kata kunci di sini. Tetapi jika Anda ingin mempelajari cara menemukan dan memilih kata kunci untuk SEO, Anda akan belajar banyak dari video ini.

Panduan Lengkap untuk Konten SEO: Bagi banyak blog, SEO bukan hanya tujuan # 1 mereka … tetapi mereka satu-satunya tujuan. Dan panduan mendalam ini menunjukkan kepada Anda cara membuat konten untuk SEO.