6 Langkah Belajar SEO Gratis

6 Langkah Belajar SEO Gratis – Apakah Anda memerlukan cara yang fleksibel untuk belajar SEO secara gratis? Meskipun optimisasi mesin pencari (SEO) bukanlah topik yang mudah, memulai tidak harus menakutkan atau mahal. Bahkan, Anda dapat memasukkan URL Anda di sini untuk mempelajari area mana yang harus difokuskan terlebih dahulu, berdasarkan SEO situs Anda.

6 Langkah Belajar SEO Gratis

mizmizi.com – Semua orang memulai di suatu tempat sebelum mereka dianggap pro — yang Anda butuhkan hanyalah langkah-langkah yang mudah diikuti untuk melintasi standar Google, Yahoo, dan Bing. Dalam bootcamp SEO ini , Anda dapat menjalankan prinsip- prinsip dasar SEO dan mendapatkan sumber daya yang berguna untuk diikuti nanti. Teruslah membaca enam langkah sederhana untuk mempelajari SEO, atau hubungi kami secara online untuk berbicara dengan pakar tentang layanan SEO kami.

Baca Juga : Tips SEO Mudah Tapi Kuat untuk Meningkatkan Traffic ke Website Anda

1. Pahami tujuan SEO

Bisnis memiliki tujuan pemasaran yang berbeda, tetapi setiap perusahaan memiliki keinginan yang sama untuk meningkatkan pendapatan — dan itulah tujuan umum SEO. Meningkatkan situs Anda dengan SEO memungkinkan Anda untuk mendapatkan peringkat di bagian atas halaman hasil mesin pencari (SERP), memicu lalu lintas yang menghasilkan pendapatan.

Sebelum itu benar-benar meresap, Anda harus memahami cara kerja mesin pencari. Google dan mesin pencari terkemuka lainnya memiliki “laba-laba” atau “bot” yang merayapi Internet untuk menemukan, mengindeks, dan memberi peringkat situs. Ketika seseorang memasuki pencarian, mesin pencari mengirimkan daftar situs web dengan konten yang relevan. Mesin pencari perlu menemukan situs Anda, jadi itu harus menjadi urutan pertama bisnis Anda. Anda dapat meminta Google untuk mengindeks URL Anda dengan Alat Inspeksi URL dan Bing melalui Alat Webmaster Bing mereka.

2. Kuasai penelitian kata kunci

Dibutuhkan penelitian untuk memilih kata yang ingin Anda rangking — alias kata kunci. Jika Anda memilih kata kunci yang sering dicari orang dan yang sesuai dengan bisnis Anda, Anda bisa menampilkan situs Anda di depan audiens yang lebih besar. Ada dua jenis kata kunci — kata kunci ekor panjang yang mencakup tiga kata atau lebih dan kata kunci ekor pendek yang hanya menampung satu atau dua kata. Kata kunci ekor panjang memfokuskan halaman Anda dan menghasilkan minat yang lebih baik. Misalnya, jika seseorang menelusuri “tempat membeli majalah”, itu lebih tepat daripada “majalah”, sehingga Anda dapat menarik harapan mereka dengan lebih baik.

Jadi, bagaimana Anda mengetahui pencarian teratas yang berhubungan dengan industri Anda? Anda menggunakan alat kata kunci seperti Keywords Everywhere , Soolve , dan KeywordsFX saat Anda mempelajari SEO. Anda juga dapat melihat sekilas kata kunci yang digunakan pesaing Anda untuk sedikit persaingan SEO yang sehat. Kata kunci adalah elemen sentral untuk SEO karena Anda akan menggabungkannya ke dalam konten, judul, deskripsi meta, dan URL Anda. Membiasakan diri dengan penelitian kata kunci adalah langkah dasar dalam perjalanan SEO Anda.

3. Ketahui perbedaan antara SEO on-page dan off-page

SEO terjadi di dua tempat – di halaman dan di luar halaman. Apa yang terjadi di halaman adalah apa yang dapat Anda ubah secara langsung ketika Anda mempelajari SEO, sedangkan yang terjadi di luar halaman terserah situs lain. Tidak mengherankan bahwa SEO pada halaman adalah topik yang lebih mudah untuk dibahas dan dipahami. Anda mengelola beberapa bagian halaman Anda untuk menyenangkan pengunjung dan bot mesin pencari.

SEO pada halaman melibatkan pemformatan (seperti tag H1 dan H2), penggunaan kata kunci, navigasi, URL, deskripsi meta, dan deskripsi gambar atau teks alternatif. Tapi itu jauh melampaui beberapa faktor ini juga, yang membutuhkan banyak kerja hati-hati. Untuk SEO off-page , Anda harus mengandalkan pendapat orang lain tentang konten online Anda. Tautan resmi ke situs Anda, penyebutan tentang merek Anda, dan pemasaran media sosial semuanya berkontribusi pada kehadiran Anda di luar halaman.

4. Belajar mengidentifikasi sinyal UX

Mesin pencari bertujuan untuk memuaskan orang dengan hasil yang tepat, sehingga pengalaman pengguna (UX) memainkan peran penting dalam SEO. Modifikasi situs Anda harus memprioritaskan pengguna, membuat desain, fungsionalitas, dan materi memenuhi harapan mereka. Algoritma seperti RankBrain Google menganalisis perilaku pengguna untuk mengukur tingkat kepuasan dan preferensi mereka. Melalui pembelajaran mesin , kini praktik pengguna yang terpola dapat dilihat lebih dekat. Persentase penelusur yang mengeklik hasil mesin telusur, atau rasio klik-tayang (RKT) organik , adalah salah satu bidang pengalaman pengguna yang diperiksa Google.

Ini membantu untuk menunjukkan relevansi dan daya tarik suatu hasil dibandingkan dengan yang lain. Sinyal UX lainnya, dwell time , yaitu berapa lama seseorang berada di halaman sebelum kembali ke SERP, juga dikenali oleh mesin pencari, dan itu dapat memengaruhi kinerja SEO Anda. Bergantung pada jenis kueri penelusuran, waktu tunggu yang lebih lama dapat menunjukkan minat mereka pada hasil Anda atau menunjukkan bahwa mereka kesulitan menemukan jawaban yang jelas. Kata kunci dan materi dapat menunjukkan respon mana yang lebih akurat. Metrik ini mencerminkan kondisi SEO Anda saat Anda melakukan penyesuaian dan berupaya mengoptimalkan. Perhatikan sinyal UX selama pendidikan SEO Anda untuk meningkatkan peringkat Anda.

5. Rangkullah pembuatan konten yang ramah SEO

Konten yang Anda buat untuk situs Anda — termasuk blog, artikel informasi, rilis berita, dan video — adalah metode utama bagi Anda untuk memikat pencari dan mesin pencari. Pembuatan konten yang terampil dapat menarik lalu lintas dari Google jika Anda mengikuti praktik terbaik SEO. Konten tertulis nyaman untuk crawler mesin pencari karena mereka mahir dalam memilah-milah teks. Mereka mencari keseimbangan kata kunci, informasi komprehensif, dan tata letak yang mudah dicerna. Sangat penting untuk mengetahui bahwa konten yang ramah SEO berkorelasi dengan panjang.

Posting yang lebih panjang, misalnya, memiliki peluang lebih baik untuk membantu pencari dalam berburu pengetahuan atau produk. Konten perlu membahas topik yang dipilih secara menyeluruh, dan Google mencari artikel yang dipoles daripada posting yang ceroboh dan kacau. Mesin pencari juga membutuhkan konten asli yang segar dan menghukum hasil yang hanya menduplikasi atau menyalin kata -kata dari situs lain. Selama proses belajar SEO, berhati-hatilah dengan hukuman ini.

6. Mulai pembuatan tautan

Dalam kumpulan 200+ faktor peringkat untuk Google, tautan tetap menjadi salah satu dari tiga teratas . Tautan dari situs web lain ke laman Anda menunjukkan kepada mesin telusur seberapa tepercaya dan berguna situs Anda bagi pengguna di seluruh web. Membangun tautan topi putih berarti Anda mendapatkan kekaguman dari otoritas industri lainnya, pengulas tepercaya, dan publik.

Anda dapat membangun reputasi yang bermanfaat dengan memperkuat jaringan Anda dan meningkatkan kesadaran merek. Tautan alami juga dapat berasal dari blog tamu dan meminta tautan ke sebutan yang ada. Terlibat dalam media sosial adalah cara yang efektif untuk mendorong orang membaca, berbagi, dan berbicara tentang situs Anda. Pendekatan proaktif ini sering mengarah pada pembangunan tautan ketika pelanggan mendiskusikan bisnis Anda dengan orang lain.