5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang SEO Sekarang

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang SEO Sekarang – Google, seperti waktu itu sendiri, tidak berdiri untuk siapa pun. Selama sekitar 18 bulan terakhir, raksasa mesin pencari ini telah membuat perubahan besar pada algoritmenya.

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang SEO Sekarang

mizmizi.com – Di antara tujuan Google: Meningkatkan pengalaman pengguna dengan memberikan konten yang relevan, segar, berkualitas dan, pada saat yang sama, menindak mereka yang menggunakan teknik optimisasi mesin pencari (SEO) yang dipertanyakan untuk mendapatkan posisi peringkat yang tidak dapat dibenarkan.

Baca Juga : SEO adalah Pekerjaan Penuh Waktu – 7 Kesalahan Umum SEO

Moz, yang memberikan Software as a Service SEO dan alat lainnya, bahkan menyimpan Riwayat Perubahan Algoritma Google yang diperbarui secara berkala . Pada tahun 2012, blog tersebut mencatat 37 perubahan algoritma yang signifikan saja. Jadi apa arti semua perubahan ini bagi pemasar online yang secara sah menggunakan teknik SEO? Apakah aturan mainnya berubah total atau tetap sama? Atau apakah mereka berada di antara keduanya?

Pakar SEO setuju bahwa membuat konten berkualitas tinggi, yang menghasilkan tautan otentik dari situs tepercaya dan/atau otoritatif, masih dan selalu menjadi praktik SEO terbaik. “Apa yang penting untuk dilakukan bertahun-tahun yang lalu masih penting,” kata Cyrus Shepard, produser konten senior untuk Moz dan mantan praktisi SEO utama perusahaan tersebut. Meskipun demikian, pemasar online harus mempertimbangkan untuk menyesuaikan beberapa taktik — jika bukan pemikiran mereka tentang SEO — untuk terus mendapatkan peringkat yang baik di Google. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang SEO hari ini.

3 Pilar SEO Hari Ini: Konten, Tautan, Media Sosial

“Meningkatkan kuantitas dan kualitas tautan masuk dulunya merupakan satu-satunya tujuan setiap webmaster,” kata Jayson DeMers, pendiri dan CEO AudienceBloom , layanan SEO, media sosial, dan blog tamu, tetapi “metode berpikir ini telah menjadi usang. ” Hari ini, bisnis Anda harus memfokuskan SEO pada tiga “pilar” semacam: Konten, tautan (terutama tautan masuk yang diperoleh dari situs lain yang mengarah ke konten Anda) dan “suka” media sosial, retweet, +1, dan dukungan lain dari Anda konten, kata DeMers. (Tiga poin ini, ditambah lima poin lainnya, akan dibahas lebih mendalam di bawah.)

“Mesin pencari lebih menekankan pada kombinasi dan penyatuan semua elemen ini,” tambah DeMers. “Kehadiran elemen tunggal memainkan peran yang dapat diabaikan dalam algoritme peringkat. Namun, ketika semua elemen digabungkan, ada efek amplifikasi di peringkat.” Sebagai hasil dari kebutuhan untuk menyatukan semua aspek pemasaran online ini, DeMers percaya bahwa profesional SEO berubah menjadi “profesional pemasaran online,” menambahkan, “SEO sebagai vertikal telah menghilang dan sekarang hanya ‘pemasaran online.’”

1. Konten Adalah Raja—Tapi Aturan Konten yang Baik

Pada tahun lalu, pemasaran konten telah menjadi kata kunci besar di kalangan pemasar online, sebagian karena pembaruan algoritma Google yang menghukum konten berkualitas rendah. “Pemasar online harus fokus pada publikasi konten berkualitas, baik di dalam maupun di luar situs web mereka,” kata DeMers. “Konten bisa berbasis teks, berbasis visual, atau berbasis audio, atau bahkan kombinasi dari dua atau tiga. Intinya adalah bahwa mesin pencari ingin memberikan konten berkualitas tinggi dan berharga kepada pengguna. Jika Anda ingin konten Anda ditampilkan di hasil pencarian, sebaiknya miliki atribut tersebut.”

2. Tautan Harus Diperoleh, Bukan Dibeli

Tautan berbayar terutama menjadi bidikan Google akhir-akhir ini. “Jika Anda membeli tautan dengan cara tertentu, Anda harus menganggap itu tidak akan dihitung—dan bahkan mungkin merugikan Anda,” kata Shepard. Moz mendorong organisasi untuk mendapatkan tautan melalui dukungan alih-alih membayarnya. “Kami melihat Google memberikan hukuman untuk tautan yang mudah, dan kami pikir tindakan keras itu baru saja dimulai,” kata Shepard. Di masa lalu, beberapa pemasar telah menyematkan teks jangkar kaya kata kunci dalam siaran pers online dengan harapan meningkatkan peluang mereka ditemukan di Google untuk kata kunci yang terkandung dalam teks jangkar. (Teks jangkar adalah tautan yang digunakan dalam hyperlink; misalnya, “Untuk mengunduh Adobe Reader, klik di sini.”)

Indikasinya adalah bahwa Google telah mengambil sikap keras terhadap praktik tersebut, memperlakukan tautan teks jangkar dalam siaran pers sebagai tautan “berbayar” yang tidak wajar. “Ini berarti bahwa Google menghentikan pembuatan tautan yang tidak wajar dari distribusi siaran pers,” catat blog perusahaan sindikasi siaran pers Business Wire .

Postingan tersebut melanjutkan: “John Mueller, salah satu Analis Tren Webmaster terkemuka Google, berbicara dalam video hangout baru-baru ini tentang cara Google melihat siaran pers. Mueller berkata, ‘Ketika [penerbit siaran pers membuat tautan ke] diri mereka sendiri, kami tidak menganggapnya wajar. Mempromosikan baik-baik saja, tetapi itu tidak dianggap sebagai tautan alami. Kami mencari orang luar untuk mengatakan, ‘Saya merekomendasikan situs web atau artikel ini.’” Namun, tetap ada nilai dalam siaran pers online, terutama sebagai cara untuk menarik perhatian jurnalis dan blogger. Jika orang lain menulis tentang produk atau layanan Anda dan menautkan ke konten tentangnya, maka itu dianggap sebagai tautan “yang diperoleh” yang sah ke Google. Dan itulah tautan yang paling diperhitungkan saat ini, kata pakar SEO.

3. Untuk Meningkatkan Status Sosial, Gunakan Google+

Setiap tahun, Moz mensurvei pakar SEO untuk mempelajari faktor peringkat mesin pencari yang paling penting. Dalam survei tahun 2013 , Moz menemukan korelasi tinggi antara “suka” Google +1 untuk halaman Web dan peringkat mesin pencari halaman itu, kata Shepard. Dalam Faktor Peringkat SEO 2013 , SearchMetrics, sebuah perusahaan perangkat lunak analisis pencarian, juga mencatat semakin pentingnya saham Google+ dan Google +1 untuk peringkat pencarian Google.

Berbagi konten di Google+ (dan menerima dukungan Google +1 dari orang lain) memiliki “keuntungan SEO yang pasti,” kata Shepard. “Google menggunakan Google+ untuk menemukan konten baru, dan Google cenderung mengindeks apa pun yang dibagikan di Google+ dengan cepat.” Selain itu, Shepard menunjukkan, posting Google+ jauh lebih mudah untuk diindeks oleh Google daripada beberapa konten di Facebook dan Twitter, jika tidak ada alasan lain selain Google yang memiliki jaringan sosial Google+.

Itulah sebabnya Moz mendorong orang untuk mengadopsi Google+ selain jejaring sosial lainnya, Shepard mengatakan: “Jika Anda belum melakukannya, siapkan laman Google Place untuk bisnis lokal Anda atau laman Google+ untuk perusahaan Anda, dan mulailah membangun komunitas Google+.”

4. Kecepatan Penting, Jadi Pastikan Situs Anda Dimuat dengan Cepat

Google ingin memberikan hasil yang berkualitas kepada pengguna. Salah satu definisi kualitas, di antara banyak, adalah situs web atau halaman yang dimuat dengan cepat, catat Shepard. Ini berarti halaman Web yang lamban cenderung berperingkat lebih rendah daripada yang lebih cepat. Meskipun pengembang situs Web semakin menghindari Flash, masih banyak “yang menerapkan JavaScript dan Ajax dengan buruk” di luar sana untuk memperlambat halaman, katanya. “Ada begitu banyak kode di beberapa halaman Web sekarang, dengan begitu banyak yang ditambahkan.”

Survei peringkat mesin pencari Moz tahun 2013 menemukan korelasi antara waktu respons dan peringkat. “Ini bukan korelasi yang besar, tetapi ada,” kata Shepard, yang mendefinisikan “waktu respons” sebagai waktu yang dibutuhkan situs web Anda untuk mengirimkan sedikit informasi pertama ke browser—bukan waktu yang dibutuhkan seluruh halaman Web untuk memuat.

Waktu respons situs web yang lebih cepat dapat menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik, yang dapat mengarah pada peningkatan berbagi sosial dan rasio pentalan yang lebih rendah, kata Shepard. Intinya: Membayar untuk memastikan seluruh situs Anda dimuat secara efisien.

5. Memperbaiki Masalah Teknis Lebih Penting

Jill Whalen, konsultan SEO di Peringkat Tinggi , mengatakan bahwa masalah teknis yang memengaruhi SEO situs web selalu ada—dan konsultan SEO yang cerdas selalu menjadikan perbaikan sebagai prioritas utama. Namun, setelah pembaruan Panda dan Penguin Google dalam satu setengah tahun terakhir, Whalen mengatakan bahwa memperbaiki masalah teknis telah menjadi “lebih penting dari sebelumnya.”

Masalah-masalah ini, katanya, menjalankan keseluruhan dari pengaturan sistem manajemen konten yang buruk yang membuat konten duplikat hingga navigasi di seluruh situs yang pada dasarnya tidak terlihat oleh mesin pencari. “Apa pun masalah teknis spesifik Anda, sekaranglah saatnya untuk memperbaikinya. Jika mereka belum merusak kinerja SEO situs Anda, kemungkinan besar mereka akan mengejar pembaruan Panda atau Penguin yang baru.”