10 Tips SEO Do-it-yourself untuk Menghemat Uang

10 Tips SEO Do-it-yourself untuk Menghemat Uang – Optimisasi mesin pencari tidak memerlukan seorang profesional. Perusahaan dengan situs web kecil hingga menengah dan sistem manajemen konten atau platform e-niaga yang ramah SEO dapat melakukan banyak pekerjaan di rumah. Berikut adalah 10 tips SEO do-it-yourself teratas saya.

10 Tips SEO Do-it-yourself untuk Menghemat Uang

1. Kata Kunci Penelitian

mizmizi.com – Penelitian kata kunci memiliki manfaat ganda. Pertama, dengan menemukan dan mengatur kueri penelusuran yang relevan, Anda akan memahami kata dan frasa yang digunakan konsumen untuk menemukan produk dan layanan Anda. Anda kemudian dapat menggunakan kata kunci tersebut dalam deskripsi produk, judul, dan posting blog — semuanya meningkatkan peringkat pencarian organik Anda.

Baca Juga : Cara Memulai Blog – Panduan Lengkap untuk Pemula (2022)

Tetapi penelitian kata kunci tidak hanya untuk SEO. Mengetahui bagaimana konsumen mencari keinginan dan kebutuhan mereka mengungkap pesaing (yang diberi peringkat untuk kata kunci tersebut) dan menghasilkan ide untuk produk baru atau yang lebih baik. Ada beberapa alat penelitian kata kunci gratis dan freemium . Mengatur kata kunci dengan maksud yang sama bisa jadi menantang (dan memakan waktu), tetapi bisa dilakukan dengan spreadsheet.

2. Identifikasi Kesenjangan Kata Kunci

Kesenjangan kata kunci adalah permintaan pencarian yang diperingkat oleh dua atau lebih pesaing Anda, tetapi situs Anda tidak. Alat premium seperti Ahrefs dan Semrush dapat mengidentifikasi kata kunci yang hilang tersebut, yang mewakili peluang untuk merek Anda. Seluruh analisis memakan waktu tidak lebih dari 30 menit. Anda akan mendapatkan ide konten baru, halaman baru untuk dibuat, dan kueri informasi populer untuk ditangani.

3. Bangun Tautan Internal

Tautan internal adalah kunci untuk visibilitas organik halaman penting. Google merayapi situs web menggunakan tautan. Algoritmenya menetapkan ekuitas untuk setiap halaman berdasarkan berapa banyak tautan internal yang mengarah ke sana. Google tidak memberikan panduan tentang tautan internal atau di mana mereka seharusnya berada. Namun selama bertahun-tahun personel Google telah mengisyaratkan prioritas:

  • Navigasi utama.
  • Dalam konten, seperti badan posting blog.
  • catatan kaki.
  • Paro atas (halaman atas).
  • Bilah samping.

Strategi internal linking harus mencakup semua lokasi keragaman ini. Gunakan widget konten “Terkait”, “Atas”, dan “Populer”, dan pastikan bahwa halaman utama Anda ditautkan langsung dari navigasi utama atau hanya dengan satu atau dua klik.

4. Tingkatkan Klik-tayang

Sementara penelitian kata kunci mengidentifikasi peluang peringkat, pengoptimalan klik-tayang menghasilkan lebih banyak lalu lintas dari posisi yang ada . Strategi klik-tayang favorit saya adalah cuplikan yang kaya dan terstruktur . Keduanya menonjol di halaman hasil mesin pencari. Mereka membutuhkan pengkodean minimum menggunakan markup Schema.org atau yang serupa. Plugin pihak ketiga membuat pekerjaan lebih mudah.

5. Optimalkan Tag Judul

Tag judul perlahan kehilangan kekuatan peringkat organik, tetapi tetap penting. Menyertakan kata kunci dalam judul memberi tahu Google tentang tujuan halaman tersebut. Selain itu, judul yang dibuat dengan baik kemungkinan akan menjadi bagian yang paling terlihat dari cuplikan hasil penelusuran standar. Dengan demikian, hal itu juga dapat memengaruhi klik-tayang.

6. Buat Konten yang Bermanfaat

Mengetahui kata kunci utama halaman dan memasukkannya ke dalam judul (dan isi, jika masuk akal) adalah komponen kunci dari konten yang dioptimalkan. Tetapi taktik yang paling penting adalah menciptakan info yang benar-benar berguna yang ingin dikonsumsi konsumen. Pada akhirnya tidak mungkin untuk mengoptimalkan konten yang tidak ingin dibaca atau dilihat siapa pun. Google sekarang memahami maksud pencari dan relevansi serta nilai konten. Tapi semuanya dimulai dengan konten bermanfaat yang melayani target konsumen Anda dan menjawab pertanyaan mereka seperti yang terungkap dalam kueri penelusuran.

7. Perbarui Konten Lama

Sebagian besar konten perlahan kehilangan lalu lintas organik. Konten lama menghasilkan lebih sedikit klik dari hasil organik, terutama karena tanggal dalam cuplikan pencarian. Selain itu, Google berusaha untuk menampilkan konten yang lebih baru. Namun Anda dapat memulihkan sebagian besar kerugian itu dengan memperbarui konten dengan data baru, referensi baru, deskripsi kontemporer, dan banyak lagi.

8. Pantau Analisis

Google Analytics dan Search Console sangat penting untuk memahami kinerja penelusuran organik. Mereka melaporkan halaman dengan lalu lintas organik paling banyak, kata kunci yang mendorong lalu lintas itu, dan keterlibatan serta konversi dari lalu lintas, di antara banyak metrik lainnya. Dengan tidak adanya melihat laporan rinci, setidaknya periksa analitik Anda secara teratur untuk penurunan lalu lintas atau gangguan kinerja situs. Keduanya membutuhkan perhatian segera.

9. Membangun Ekuitas Tautan

Pembuatan tautan adalah tugas SEO yang paling menantang. Pekerjaan tidak pernah selesai. Google menggunakan backlink untuk menginformasikan apakah konten Anda dapat dipercaya. Tautan dari sumber berita terkemuka, misalnya, mendorong kepercayaan. Kabar baiknya adalah membangun tautan dapat dilakukan di rumah. Taktik pembuatan tautan terbaik datang, sekali lagi, dari konten berkualitas yang ingin dibagikan orang. Berpartisipasi dalam komunitas khusus, bertemu orang-orang yang berpikiran sama, dan menjangkau jurnalis — semuanya sah dan dapat dilakukan. Jangan pernah membayar tautan, mempekerjakan seseorang yang membayar tautan, atau menyisipkan tautan mandiri secara manual di situs lain. Jika mudah diperoleh, tautan tersebut kemungkinan tidak berguna atau lebih buruk.

10. Mendidik Diri Sendiri

Akhirnya, tidak ada pengganti untuk pengetahuan. Pelajari SEO. Ada banyak sumber daya yang hebat dan gratis. Search Engine Roundtable adalah sumber favorit saya untuk berita dan saran SEO yang dikurasi. Blog Moz adalah sumber yang bagus dan tidak berantakan. Kolom mingguan saya di sini berfokus pada e-niaga.

Di luar DIY

Setiap pedagang online harus melakukan beberapa tingkat SEO DIY. Ini menghemat uang dan membuat Anda mengendalikan peringkat organik. Namun beberapa tugas mungkin membutuhkan bantuan profesional. Contohnya termasuk perubahan pengkodean, data terstruktur , dan kecepatan situs (termasuk Data Web Inti ).